KALIMANTAN TIMUR

Sejarah 
Sebelum masuknya suku-suku sekang Sarawak dan suku-suku pendatang sekang luar pulau, wilayah ini sangat jarang penduduknya. Sebelum kedatangan Belanda terdapat beberapa kerajaan sing berada di Kalimantan Timur, diantaranya adalah Kerajaan Kutai (beragama Hindu), Kesultanan Kutai Kartanegara ing kartadipura, Kesultanan Pasir dan Kesultanan Bulungan.
Menurut Hikayat Banjar, wilayah Kalimantan Timur (Pasir, Kutai, Berau, Karasikan) merupakan sebagian sekang wilayah taklukan Kesultanan Banjar, bahkan sejak jaman Hindu. Dalam Hikayat Banjar menyebutkan bahwa pada paruh pertama abad ke-17 Sultan Makassar meminjam tanah sebagai tempat berdagang meliputi wilayah timur dan tenggara Kalimantan kepada Sultan Mustain Billah sekang Banjar pada waktu Kiai Martasura diutus ke Makassar lan mengadakan perjanjian dengan I Mangngadaccinna Daeng I Ba’le’ Sultan Mahmud Karaeng Pattingalloang, yaitu Sultan Tallo sing menjabat mangkubumi bagi Sultan Malikussaid Raja Gowa tahun 1638-1654 sing akan menjadikan wilayah Kalimantan Timur sebagai tempat berdagang bagi Kesultanan Makassar (Gowa-Tallo),dengan demikian mulai berdatanganlah etnis asal Sulawesi Selatan. Sejak 13 Agustus 1787, Sultan Tahmidullah II sekang Banjar menyerahkan Kalimantan Timur mejadi milik perusahaan VOC Belanda lan Kesultanan Banjar sendiri dengan wilayahnya sing tersisa menjadi daerah protektorat VOC Belanda.
Sesuai traktat 1 Januari 1817, Sultan Sulaiman Sekang Banjar menyerahkan Kalimantan Timur, Kalimatan Tengah, sebagian Kalimantan Barat lan sebagian Kalimantan Selatan (termasuk Banjarmasin) kepada Hindia-Belanda. Pada tanggal 4 Mei 1826, Sultan Adam al-Watsiq Billah sekang Banjar menegaskan kembali penyerahan wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat lan sebagian Kalimantan Selatan kepada pemerentahan kolonial Hindia Belanda.Pada tahun 1846, Belanda mulai menempatkan Asisten Residen nang Samarinda untuk wilayah Borneo Timur (sekarang propinsi Kalimantan Timur lan bagian timur Kalimantan Selatan) bernama H. Von Dewall.
propinsi Kalimantan Timur selain sebagai kesatuan admikistrasi, juga sebagai kesatuan ekologis lan historis. Kalimantan Timur sebagai wilayah admikistrasi dibentuk berdasarkan Undang undang Nomor 25 Tahun 1956 dengan gubernurnya sing pertama adalah APT Pranoto.
Sebelumnya Kalimantan Timur merupakan salah satu karesidenan sekang Propinsi Kalimantan. Sesuai dengan aspirasi rakyat, sejak tahun 1956 wilayahnya dimekarkan menjadi tiga propinsi, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan selatan dan Kalimantan Barat
Letak Geografis
Kalimantan Timur (disingkat Kaltim) adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan tengah,Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi. Luas total Kaltim adalah 127.346,92 km dan populasi sebesar 3.575.449 jiwa (2017).Kaltim merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di nusantara. Ibu kota provinsi ini adalah kota Samarinda.
Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi Kaltim pada tahun 2020 mendatang diperkirakan tumbuh positif pada kisaran 2,8%-3,2% year on year. Hal ini didorong oleh pemulihan sektor utama dan peningkatan kinerja pada industri pengolahan.
Adapun, inflasi Kaltim pada tahun 2020 akan masih tetap terkendali pada kisaran sasaran 3 plus minus 1%. Risiko inflasi Kaltim tahun 2020 terutama bersumber dari penyesuaian harga untuk sejumlah komoditas yang sempat tertunda.
Dalam rilisnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim, Tutuk S.H. Cahyono menjelaskan penyesuaian harga sumber inflasi Kaltim 2020 diantaranya peningkatan tarif cukai rokok, peningkatan iuran BPJS Kesehatan dan peningkatan tarif dasar listrik. "Inflasi kaltim selama 2019 terjaga pada level 3,5 plus minus 1 persen dengan trend yang terjaga dan stabil. Dibanding dengan rata-rata provinsi di Kalimantan tingkat inflasi Kaltim relatif rendah," jelas Tutuk.
Tutuk menambahkan inflasi Kaltim 2019 didorong oleh kenaikan sejumlah komoditas pangan seperti cabai-cabaian, ikan layang dan juga daging ayam ras. Peningkatan harga tersebut disebabkan oleh pasokan yang berkurang dari daerah sentra (cabai) ataupun struktur pasar yang belum sempurna (daging ayam ras).
"Kelompok bahan makanan memiliki pergerakan inflasi yang cukup tinggi deviasinya sehingga diperlukan tindakan pengendalian harga yang persisten dilakukan. Sementara itu deflasi Kaltim disebabkan harga telepon seluler yang menurun pada 2019," jelas Tutuk.
Ke depan, berbagai tantangan dan peluang untuk memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi Kaltim diharapkan mampu dihadapi bersama melalui sinergi, transformasi dan inovasi yang harmonis terwujudnya Kaltim yang Berdaulat menuju Indonesia
Maju.
Ekonomi Kalimantan Timur triwulan III 2019 tumbuh 6,89% (yoy), masih melanjutkan tren pertumbuhan yang meningkat. Kondisi tersebut didorong oleh akselerasi lapangan usaha pertambangan non migas dan industri pengolahan sebagai dampak dari tingginya permintaan negara mitra dagang.
Namun demikian, pertumbuhan tersebut tertahan oleh lapangan usaha konstruksi yang tumbuh lebih lambat. Ekonomi Kaltim juga terekspos risiko ekonomi jangka panjang dari perkembangan harga komoditas yang masih menunjukkan tren penurunan.
Bank Indonesia mencatat dominasi sektor pertambangan di Kaltim pada 10 tahun terakhir, memerlukan transformasi guna menumbuhkan sumber pertumbuhan ekonomi baru yang memiliki nilai tambah tinggi, inklusif dan stabil. Transformasi struktural akan mendorong kesejahteraan rakyat dengan dukungan SDM yang berkualitas dan inovatif di era digital saat ini. 
Pemerintahan
  1. Pada tahun 1961 diberhentikan karena ditahan di Jakarta atas dakwaan kasus korupsi
  2. Residen diperbantukan (sekarang plt.) Gubernur sekitar 8 bulan
  3. Pada tahun 2006 diberhentikan karena kasus korupsi
  4. Sebelumnya menjadi wakil gubernur hingga pada tahun 2006 menjadi Pelaksana Tugas Gubernur menggantikan Suwarna A.F. yang ditahan karena kasus korupsi. Kemudian, pada tanggal 10 Maret 2008,Yurnalis Ngayoh dilantik menjadi Gubernur Kaltim hingga bulan Juli 2008
  5. Sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Timur karena Pilgub Kaltim 2008 berlangsung 2 putaran sehingga gubernur baru tidak bisa dilantik yang rencananya pada bulan Juli 2008 menjadi bulan Desember 2008 setelah Pilgub Kaltim 2008 selesai
  6. Mengundurkan diri karena mencalonkan diri dalam Pemilihan umumlegislatif indonesia 2019

Potensi Wisata Alam 


Menjelajahi goa biru di Maratua: Goa Haji Mangku





Siapa yang menyangka ada goa yang begitu unik dan eksotik di Pulau Maratua. Yang mengesankan adalah warna dari air di dalam goa ini, toska muda. Ditambah sedikit cahaya yang menyinari area ini, dan tekstur bawah air yang terkesan kasar, Anda akan merasa untuk diundang menceburkan diri ke dalamnya.


Mengejar ‘Nemo’ di Pulau Derawan







Ombak yang tenang, pasir yang putih dan pepohonan kelapa tertiup angin, itulah gambaran umum dari Pulau Derawan.


Tapi sebenarnya keindahannya tak hanya tampak di permukaan saja. Saat Anda menyaksikan pemandangan di bawah air, panoramanya tak kalah dengan yang ada di atasnya





Jernihnya air juga membuat Anda bisa menikmati ekosistem laut Pulau Derawan hanya dari permukaan, atau snorkeling. Tak perlu sampai diving, meski aktivitas tersebut juga tak dilarang.

Dan yang paling mengesankan adalah Anda bisa menyaksikan kekayaan biota laut Pulau Derawan. Anda bisa menyaksikan banyak hal, termasuk mengejar ikat badut ‘Nemo’ di antara karang yang eksotis.

Potensi Wisata Buatan

Ladang Budaya, Tenggarong




Wisata buatan yang cukup populer yaitu Ladang Budaya Tenggarong atau Ladaya yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya Jl. H. Bachrin Seman, Kelurahan Mangkurawang. Suasananya sangat sejuk karena dikelilingi pepohonan serba hijau. 
Di dalamnya terdapat area outbond, kebun binatang mini dan sebuah rumah khusus bernama Odah Rehat. Bentuknya dibuat menyerupai rumah tradisional Kutai dan bisa disewa. Ladaya beroperasi setiap hari mulai dari jam 09.00 hingga 17.30 sore. Tiket masuk dipatok sebesar Rp10 ribuan per orang.

Taman Kitakyushu, Bontang


Wisata buatan di Kalimantan Timur

Selanjutnya ada Taman Kitakyushu. Tempat ini berada di perumahan PT Badak LNG, Bontang. Tempatnya terasa teduh, bersih, serta nyaman. Cocok dijadikan sebagai tujuan rekreasi di akhir pekan bersama keluarga. 
Taman Kirakyushu menyediakan berbagai macam fasilitas permainan anak, danau bagi yang hobi mancing, serta area parkir yang luas. Tenang, di sini juga ada tersedia spot selfie

Potensi Wisata Budaya 

Macam-Macam Anyaman
Masyarakat suku Dayak selalu menggunakan bahan alami untuk membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangannya berupa anyaman, kain tenun, dan sulam. Kebanyakan bahan yang digunakan untuk membuat anyaman adalah rotan. Rotan-rotan itu disusun dan dianyam membentuk cahung atau semacam topi, tas, tikar, dan alat untuk keperluan sehari-hari lainnya. Selain rotan, ada juga anyaman yang dibuat dari daun pandan dan kulit pohon.

Kain Tenun dari Daun
Kain tenun dari Kalimantan Timur yang paling terkenal adalah kain tenun ulap doyo yang berasal dari suku Dayak Benuaq. Dinamakan kain tenun ulap doyo, karena tenun ikat ini berbahan dasar serat daun doyo. Daun doyo berasal dari tanaman sejenis pandan yang bernama latin Curculigo latifolia. Tanaman ini tumbuh di pedalaman Kalimantan.
Sebelum dijadikan bahan untuk kain tenun, daun doyo harus dikeringkan dan disayat sampai menjadi serat yang halus. Serat daun ini lalu dilinting sampai membentuk benang kasar. Benang-benang itu lalu diberi warna dengan pewarna dari tumbuhan. Warna yang paling sering ditemui adalah merah dan cokelat. Warna merah berasal dari buah glinggam, kayu oter, dan buah londo. Sedangkan warna cokelat berasal dari kayu uwar.


Something to buy 
Souvenir dan Aksesoris dari Suku Dayak
Amplang Ikan 
Mantau
Bingka

Something to do 
Bisa berwisata alam seperti berenang dengan ubur ubur tanpa khawatir tersengat dan juga goa haji mangkau yg air nya masi terlihat jernih dah berwarna biru dan pemandangannya sangat indah,kalian bisa juga datang ke wisata buatan yaitu Mahakam Lampion Garden dan Taman Kitakyushu yg berada di Samarinda,dan ada juga wisata budaya yaitu Kain Tenun dari Daun dan juga Manik Manik cerah

Something to see
Kalian di wisata alam bisa melihat pemandangan yg sangat indah,dan juga di wisata buatan kalian bisa berfoto foto,di wisata budaya kalian bisa mencoba untuk membuat seperti kain tenun dari daun dan bisa membeli barangnya buat oleh oleh. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini